SDN 007 Pangkalan Kerinci Lakukan Persiapan dan Evaluasi

ADMINISTRATOR
Selasa, 10 April 2018 06:03:19 WIB
28 Views

Pangkalan Kerinci (HR)-Sukses meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2014 lalu, Sekolah dasar negeri (SDN) 007 Kecamatan Pangkalan Kerinci menergetkan penghargaan Adiwiyata Mandiri pada tahun 2016 mendatang.

Pasalnya, target ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung agar Kabupaten Pelalawan dapat meraih penghargaan Piala Adipura Kencana setelah berhasil meraih penghargaan sertifikat Adipura Kota Kecil tahun 2015.

Untuk itu, maka berbagai persiapan dan evaluasi terus digelar SDN 007 Pangkalan Kerinci guna mengejar terget tersebut.

Informasi ini dibeberkan Kepala Sekolah SDN 007 Pangkalan Kerinci Hj Syamsidar SPd,  Jumat (11/12) di Pangkalan Kerinci. Dikatakannya, bahwa untuk mengejar target tersebut, pihaknya terus menggelar berbagai persiapan serta evaluasi.

Salah satu persiapan yang telah dilakukan yakni melakukan pembinaan terhadap 12 sekolah binaan agar dapat meraih penghargaan Adiwiyata baik tingkat kabupaten, Propinsi hingga Nasional serta Adiwiyata Mandiri.

Pihanya sudah  melakukan pembinaan terhadap 12 sekolah yang ada di Kabupaten Pelalawan diantaranya SDN 003 Kecamatan Pangkalan Kerinci, SDN 012 Kecamatan Pangkalan Kerinci, SDN 09 Delik Kecamatan Pelalawan, SD Negeri 012 Lalang Kabung Kecamatan Pelalawan, SDS Global Andalan Kecamatan Pelalawan.

Kemudian SDN 008 Dundangan Kecamatan Pangkalan Kuras, SD 014 Sialang Indah Kecamatan Pangkalan Kuras, SDN 018 Sorek I Kecamatan Pangkalan Kuras, SDN 011 Sorek I Pangkalan Kuras, SDS Anwar Karim I Kecamatan Pangkalan Kuras, SDN 012 Surya Indah Kecamatan Pangkalan Kuras dan SDN 024 Sorek I Kecamatan Pangkalan Kuras.

"Alhamdulillah, salah satu sekolah binaan kami, pada pertengahan Desember ini akan meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dari Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan yakni SDN 011 Sorek Kecamatan Pangkalan Kuras," ujarnya.

Diungkapkannya, untuk mengejar target tersebut, pihaknya juga bersama Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) melalui bidang pusat pengendalian pembangunam ekoregent (P3E) Sumatra, Eddy Jhon Priyadi dan dihadiri pengawas Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan H Bandrio, telah menggelar pertemuan, Selasa (8/12) siang.

Dimana dalam pertemuan ini, Kementerian LHK menyerahkan bantuan buku tentang lingkungan hidup untuk kelas 1 - 3 SD, majalah suara bumi, buku cerita Joko dan Atan untuk menambah koleksi pustaka SDN 007 Pangkalan Kerinci sebanyak 255 buku.

"Dan penambahan bantuan buku ini juga bertujuan untuk menambah wawasan para pelajar. Sehingga tumbuh kesadaran untuk melestarikan lingkungan sejak dini. Dan dalam waktu dekat ini, kita juga akan mempersiapkan indikator -indikator lain yang menjadi syarat untuk meraih Adiwiyata Mandiri.

Untuk itu, kami harap upaya yang kami lakukan ini dapat mewujudkan impian kami untuk meraih Adiwiyata Mandiri," sebutnya.

Sementara itu, Kementrian LHK bidang P3E (pusat pengendalain pembanguna eko regent) Sumatera Eddy Jhon Priyadi mengatakan, bahwa SDN 007 ini merupakan salah satu sekolah yang terus dipantau dan dievaluasi oleh pihaknya untuk bisa meraih adiwiyata mandiri.

Sedangkan untuk meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri ini, ada empat indikator yang harus dilakukan sekolah yakni pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan atau pengembangan sarana pendukung sekolah.

"Jadi, dengan adanya evaluasi yang kami lakukan ini kepada SDN 007 Pangkalan Kerinci ini, maka diharapkan SDN 007 dapat segera melengkapi indikator yang masih kurang guna meningkatkan poin. Dengan demikian, maka SDN 007 sukses meraih adiwiyata mandiri nantinya," pungkasnya. (pen)

 
Akses Riaumandiri.co Via Mobile m.riaumandiri.co
Prev
Kreatif, SDN 007
Next
Tim Basketball SDN




  Pengumuman
  Agenda Kegiatan
  Galeri

  Kalender Agenda

Mon
Tue
Wed
Thu
Fri
Sat
Sun